Makalah Bahasa Pemrograman


KATA PENGANTAR
Segala puji dan syukur kami panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena atas berkat dan limpahan rahmat-Nya makan kami dapat menyelesaikan makalah dengan tepat waktu.
Berikut ini kami mempersembahkan seubah makalah dengan judul “Bahasa Pemrograman”, yang menurut kami dapat memberi manfaat untuk menambah pengetahuan kita tentang bahasa pemrograman.
Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai akhir. Semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa meridhai segala usaha kami. Amin.

Semarang, 8 November 2012














DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR....................................................................................................... 1
DAFTAR ISI..................................................................................................................... 2
BAB I PENDAHULUAN................................................................................................. 4
1.1 Latar Belakang........................................................................................................... 4
1.2 Rumusan Masalah...................................................................................................... 5
1.3 Tujuan Penulisan........................................................................................................ 5
1.4 Manfaat Penulisan..................................................................................................... 5
BAB II PEMBAHASAN.................................................................................................. 5
2.1 Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman.................................................... 5
2.2 Elemen-elemen dalam Bahasa Pemrograman............................................................ 12
2.3 Bahasa Pemrograman C++........................................................................................ 13
2.4 Visual Basic............................................................................................................... 14
2.4.1 Sejarah Visual Basic......................................................................................... 14
2.4.2 Pengertian Visual Basic.................................................................................... 18
2.5 Pascal......................................................................................................................... 19
2.5.1 Sejarah Bahasa Pascal....................................................................................... 19
2.5.2 Tampilan Turbo Pascal...................................................................................... 20
2.5.3 Memulai Pascal................................................................................................. 21
2.5.4 Komponen Dasar Program Pascal..................................................................... 21
2.5.4.1 Simbol-simbol Dasar............................................................................. 21
2.5.4.2 Kata Pasti.............................................................................................. 22
2.5.4.3 Identifier............................................................................................... 22
2.5.5 Aturan dalam Program Pascal........................................................................... 24
2.5.6 Penulisan Program Pascal................................................................................. 24
2.5.7 Struktur Program Pascal................................................................................... 25
2.5.8 Judul Program................................................................................................... 25
BAB III PENUTUP........................................................................................................... 26
Kesimpulan......................................................................................................................... 26
Saran................................................................................................................................... 26




























BAB I Pendahuluan
1.1  Latar Belakang
Bahasa pemrogaraman atau sering disebut juga dengan bahasa computer adalah teknik komando/instruksi standar untuk memerintah komputer. Bahasa pemrograman ini merupakan suatu himpunan dari aturan sintaks dan semantic yang digunakan untuk mendefinisikan program komputer. Bahasa ini memungkinkan seorang programmer dapat menentukan secara persis data mana yang akan diolah oleh komputer, bagaimana data ini akan disimpan/diteruskan, dan jenis langkah apa secara persis yang akan diambil dalam berbagai situasi.
Menurut tingkat kedekatannya dengan mesin komputer, bahasa pemrograman terdiri dari:
  1. Bahasa Mesin, yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode bahasa biner, contohnya 01100101100110
  2. Bahasa Tingkat Rendah, atau dikenal dengan istilah bahasa rakitan (assembly)  yaitu memberikan perintah kepada komputer dengan memakai kode-kode singkat (kode mnemonic), contohnya MOV, SUB, CMP, JMP, JGE, JL, LOOP, dsb.
3.     Bahasa Tingkat Menengah, yaitu bahasa komputer yang memakai campuran instruksi dalam kata-kata bahasa manusia (lihat contoh Bahasa Tingkat Tinggi di bawah) dan instruksi yang bersifat simbolik, contohnya {, }, ?, <<, >>, &&, ||, dsb.
4.     Bahasa Tingkat Tinggi, yaitu bahasa komputer yang memakai instruksi berasal dari unsur kata-kata bahasa manusia, contohnya begin, end, if, for, while, and, or, dsb.
Sebagian besar bahasa pemrograman digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Tinggi, hanya bahasa C yang digolongkan sebagai Bahasa Tingkat Menengah dan Assembly yang merupakan Bahasa Tingkat Rendah.

1.2  Rumusan Masalah
Berdasarkan latar belakang masalah maka ada beberapa rumusan masalah yang akan di bahas dalam makalah ini :
1.      Bagaimana sejarah bahasa pemrograman?
2.      Apa saja elemen-elemen bahasa pemrograman?
3.      Apa yang perlu diketahui tentang bahasa pemrograman C++?
4.      Apa yang perlu diketahui tentang visual basic?
5.      Apakah yang perlu diketahui bahasa pemrograman pascal?

1.3  Tujuan Penulisan
Tujuan penulis dalam membuat makalah ini adalah :
6.      Untuk memenuhi tugas pendahuluan praktikum teknologi informatika
7.      Untuk member pengetahuan tentang bahasa pemrograman

1.4  Manfaat Penulisan
1.      Memberi informasi kepada pembaca tentang beberapa contoh bahasa pemrograman.
2.      Makalah ini diharapkan menjadi sumbangan pemikiran bagi pembaca untuk mengembangkan bahasa pemrograman di masa sekarang.

Bab II Pembahasan
2.1  Sejarah dan Perkembangan Bahasa Pemrograman
Dalam Bahasa pemrograman ada beberapa teknik, yaitu sebagai berikut:
1.         Pemrograman Procedural merupakan Instruksi khusus yang dieksekusi secara berurutan.
2.         Pemrograman   Functional   merupakan   Pemrograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah atau instruksi yang akan dijalankan atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan fungsi-fungsi.
3.         Pemrograman   Terstruktur   merupakan   Pemrograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah atau instruksi yang akan dijalankan atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan procedural dan functional.
4.         Pemrograman Berbasis Modul merupakan Pemrograman yang didasarkan atas kumpulan program  procedural   dan  program   functional   yang   akan   dijalankan atau dieksekusi   oleh komputer berdasarkan modul.
5.         Pemrograman Berorientasi Objek merupakan Pemrograman yang terdiri atas kumpulan perintah atau instruksi yang akan dijalankan atau dieksekusi oleh komputer berdasarkan kejadian-kejadian yang berkenaan dengan sebuah atau beberapa objek.
6.         Pemrograman     Generic     merupakan     Pemrograman     yang     terdiri     atas     kumpulan perintah atau instruksi   yang   akan   dijalankan   oleh   komputer   bersama-sama   pemrograman berorientasi objek atau pemrograman functional.
7.         Pemgoraman   Declarative   merupakan   Pemrograman   yang   terdiri   atas   kumpulan  perintah atau instruksi yang akan dijalankan oleh komputer berdasarkan pernyataan (declarative) yang berhubungan dengan logika.

Visual basic
Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, dan kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS.. setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft Quick Basic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).



FORTRA
Singkatan dari FORmula TRANslator dan dikembangkan oleh IBM Inc. antara tahun 1954 dan 1957 yang digunakan secara khusus untuk aplikasi-aplikasi sains dan engineering. Bahasa FORTRAN masih digunakan secara luas saat ini di bidang engineering.

COBOL 
Singkatan dari Common Business Oriented Language, diciptakan oleh sekelompok pabrikan komputer dan  pengguna komputer untuk industri pada tahun 1959. Ia didesain untuk aplikasi-aplikasi komersil yang membutuhkan banyak pemrosesan data. Bahasa ini masih digunakan saat ini di bidang bisnis.

Dikembangkan oleh Dennis Richie di Laboratorium Bell pada tahun 1972.  Ia merupakan bahasa implementasi sistem yang digunakan untuk mengembangkan sistem operasi UNIX. C++ merupakan ekstensi atau kelanjutan dari bahasa C yang diciptakan oleh Bjarne Stroustrup pada tahun 1980an. C++ menambahkan fitur OO P (Object-Oriented Programming) atau pemrograman berorientasi objek ke dalam bahasa C dan sekarang merupakan sistem utama bahasa implementasi (Deitel&Deitel, 1999).

Pascal
Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang dirancang oleh Profesor Niklaus Wirth dari Technical University of Zurich, Switzerland. Dan diberi nama pascal sebagai penghargaan terhadap Blaise Pascal, seorang ahli matematik dan filosofer yang terkenal pada abad 17 dari perancis. Prof Niklaus Wirth memperkenalkan Kompiler bahasa Pascal yang pertama untuk Komputer CDC 600 (Control Data Corporation) yang dipublikasikan pada tahun 1971 dengan tujuan membantu mengajar program Komputer secara sistematis khususnya untuk memperkenalkan program terstruktur .

 JAVA
Bahasa pemrograman Java pertama lahir dari The Green Project, yang berjalan selama 18 bulan, dari awal tahun 1991 hingga musim panas 1992. Proyek tersebut belum menggunakan versi yang dinamakan Oak. Proyek ini dimotori oleh Patrick Naughton, Mike Sheridan, James Gosling dan Bill Joy, beserta sembilan pemrogram lainnya dari Sun Microsystems. Salah satu hasil proyek ini adalah maskot Duke yang dibuat oleh Joe Palrang.
JAVA   merupakan   bahasa   yang   kemunculannya   tergolong   baru   dan   merupakan   bahasa pemrograman yang paling banyak diminati, dikembangkan oleh SUN Microsystem pada tahun 1995. Ia sebenarnya merupakan kelanjutan dari C++ tetapi memasukan banyak banyak komponen atau “libraries” untuk pemrograman multimedia, networking, multithreading, graphics, database acces, pemrograman GUI. Microsoft juga meluncurkan Java versinya sendiri yang dikenal dengan Visual J++. Bahasa pemrograman lainnya adalah Power Builder yang dikembangkan oleh perusahaan Powersoft dan Delphi yang dikembangkan oleh Borland Inc. 

C++
Bahasa pemrograman C merupakan salah satu bahasa pemrograman komputer. Dibuat pada tahun 1972 oleh Dennis Ritchie untuk Sistem Operasi Unix di Bell Telephone Laboratories. Meskipun C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer namun bahasa ini juga sering   digunakan   dalam   mengembangkan   software   aplikasi.   C   juga   banyak dipakai oleh berbagai jenis platform sistem operasi dan arsitektur komputer, bahkan terdapat beberepa compiler yang sangat populer telah tersedia.Pada era visual saat ini, versi dari C dan C++ muncul pula dengan nama Visual C atau Visual C++, C Builder, bahkan telah ada versi baru dari C yaitu C# (C Sharp).


Generasi Bahasa
Perkembangan   bahasa   pemrograman   mungkin   tidak   semudah   yang   kita   kira, namun perkembangan tersebut sangatlah sulit dan memakan waktu yang lama hingga bisa menjadi bahasa pemrograman yang bisa kita nikmati sekarang ini.
Pembagian generasi bahasa adalah seperti berikut:
*       First-Generation Language (1GL) adalah bahasa mesin atau level instruksi dan data, yang diberikan kepada prosesor agar dapat bekerja. Pada komputer konvensiona terdiri dari deretan angka 0 dan 1.
*       Second-Generation Language (2GL) adalah bahasa pemrograman assembler (orang juga mengenalnya sebagai bahasa assembly). Pada bahasa perograman generasi kedua ini assembler mengubah pernyataan bahasa pemrograman ke bahasa mesin.
*        Third-Generation Language (3GL) merupakan bahasa pemrograman yang masuk dalam generasi ketiga. Ini adalah bahasa pemrograman tingkat tinggi, seperti PL/1, C, atau Java.
*       Fourth-Generation Language (4GL) adalah bahasa pemrograman yang didesain lebih “natural”, sehingga makin mudah digunakan.
*       Fifth-Generation Language (5GL) adalah bahasa pemrograman yang menggunakan interface pengembangan visual atau grafik untuk membuat bahasasumbernya, yang biasanya di-compile dengan compiler 3GL atau 4GL.

Perkembangan Bahasa
*       Perkembangan bahasa pemrograman dimulai pada tahun 1949 dengan hadirnya Short Code,   bahasa   pemrograman   komputer   pertama   yang   digunakan   dalam   peralatan  komputer elektronik. Ini masih berupa bahasa pemrograman manual (hand-compiled).
*       Pada tahun 1951, Grace Hopper yang bekerja pada Remington Rand mulai bekerja untuk mendesain sebuah compiler yang diberi nama A-0. Pada tahun 1957, bahasa pemrograman ini kemudian dirilis oleh Rand dengan nama Math-matic.
*       Kemudian Alick E. Glennie, di waktu senggangnya di Universitas Manchester, berhasil  membuat programming system bernama AUTOCODE pada tahun 1952. Sekitar lima  tahun   setelahnya   dirilislah   mathematical   FORmula   TRANslating   (FORTRAN),   dan menjadi salah satu bahasa pemrograman yang mudah digunakan pada tahun itu.
*       FORTRAN dibuat oleh tim yang diketuai oleh John Backus, yang kemudian juga memiliki  konstribusi dalam pembuatan bahasa pemrograman ALGOL.
*       Setahun   kemudian,   muncul   FORTRAN   II   yang   mampu   menjalankan   perintah subroutines dan koneksi ke bahasa assembly. Dan, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrograman ALGOL. Pada tahun 1960 muncul ALGOL 60. Bahasa pemrogramana ini sangat popular di Eropa pada pertengahan 1960-an. Pada tahun 1962, APL (A Programming Language) dirilis oleh Kenneth Iverson. Pada tahun yang sama juga dirilis FORTRAN IV.
*       Perkembangan bahasa pemrograman terus berlanjut dengan munculnya berturut turut  APL/360 dan PL/1 pada tahun 1964, SNOBOL3 pada 1965, FORTRAN 66 dan LISP 2  pada 1966, SNOBOL 4 pada 1967, ALGOL 68, ALTRAN, dan COBOL.
*       Pada tahun 1975, Bob Albrecht dan Dennis Allison merilis Tiny BASIC. Pada tahun yang  sama,   Bill   Gates   dan   Paul   Allen   merilis   BASIC   yang   mereka   jual  ke MITS   (Micro Instrumentation and Telemetry Systems). Tahun-tahun selanjutnya, beberapa bahasa pemrograman baru bermunculan. Di antaranya AWK yang dirilis tahun 1978; Smalltalk-80, Modula-2, Franz LISP pada tahun 1980; dan ISO Pascal serta PostScript yang dirilis pada tahun 1982. Pada tahun 1983 dirilis bahasa pemrograman Ada.
*       Nama   tersebut   diambil   dari   Lady   Augusta   Ada   Byron,   yang   menyandang gelar programer komputer pertama karena hasil kerjanya pada Charles Babbage’s analytical engine di tahun 1842.
*       Tahun 1986, selain Apple telah merilis Object Pascal dan Borland merilis Turbo Prolog, pada tahun yang sama juga dirilis bahasa pemrogramanC++ dan Eiffel. Setahun sesudahnya dirilis Turbo Pascal version 4.0. Bahasa pemrograman C++ berkembang pesat dengan dirilisnya C++ 2.0 pada tahun 1989, dan C++ 2.1 pada tahun 1990. Ini bersamaan dengan dirilisnya FORTRAN 90. Setahun kemudian, Microsoft kembali merilis  Visual Basic, yang kemudian memenangkan penghargaan BYTE’s Best of Show saat COMDEX.
*       Bahasa pemrograman terus berkembang hingga tahun ini, dengan diilisnya Java 2  (versi 1.4), Python 2.2, J#, dan F#.

Bahasa Modern (Java)
*       Kelahiran Java dimulai tahun 1991. Bahasa Java merupakan proyek penelitian Sun  Microsystems yang diberi nama kode Green. Proyek ini bertujuan membangun sistem  yang memungkinkan komputer berperan dalam rumah tangga. Fokus pertama proyek adalah pada TV kabel yang disebut set-top box.
*       Untuk menjalankan proyek tersebut Sun merencanakan untuk membangun sebuah OS yang dibangun dengan bahasa C++. Akan tetapi James Gosling (salah seorang anggota  tim proyek) merasa tidak puas dengan C++. Akhirnya Ia membuat sendiri bahasa  pemrograman baru yang diberi nama Oak. Nama tersebut diambil dari nama pohon yang terlihat dari jendela kantornya. Oak dibuat berdasarkan syntak C++. Namun Oak lebih sederhana dari C++, lebih stabil dan lebih mendukung network-programming. Selain itu Oak dibuat murni object-oriented. Bahasa Oak dibuat sebagai bahasa yang tidak terikat pada satu platform (cross-platform atau multi-platform). Tahun 1994, proyek Green diperbesar oleh Sun menjadi proyek FirstPerson. Tapi proyek tersebut gagal akibat penolakan pasar terhadap ide TV interaktif.
*       Pada saat itu Internet memulai sejarah baru dengan WWW (World Wide Web). Browser  GUI pertama adalah Mosaic. Sun melihat celah lain dalam dunia Web. Sun merasa         bahasa Oak yang multi-platform serta ditujukan untuk pemrograman interaktif dan         distributed sangat cocok untuk dunia Web.
*       Tahun 1995, nama Oak diganti dengan nama Java karena ada produk lain yang telah  mematenkan nama tersebut. Pemilihan nama ini (yang dikenal oleh para pekerja Sun  sebagai nama jenis kopi) sama sekali tidak didasarkan atas kedekatan mereka dengan  Indonesia atau pulau (atau orang) Jawa. Nama Java dipilih mengalahkan nama-nama  lainnya, sekedar karena mereka merasa bahwa nama ini sangat bagus (“cool” menurut  bahasa anak muda sekarang). Bersamaan dengan lahirnya nama Java ini, Sun juga  mengganti nama web-browser mereka menjadi HotJava (semula bernama WebRunner).  Sun kemudian mengumumkan bahasa Java sebagai bahasa yang mampu menjalankan Web secara interaktif dan aman.
*       Pada pertengahan tahun 1995, Netscape mengumumkan akan mengadopsi Java di   dalam   browser   mereka.   Kemudian,   Java   (pada   tahun-tahun   itu)   secara   de-facto  menjadi bahasa standar di dunia maya Internet. Perkembangan Java dipermudah lagi dengan tersedianya JDK (Java Development Kit) di situs milik Sun yang dapat di download gratis. Akhir tahun 1995, IBM dan Microsoft memutuskan untuk membeli  lisensi Java untuk dipakai dalam teknologi mereka.

2.2  Elemen – elemen dalam bahasa Pemrograman
Berikut adalah elemen-elemen pada bahasa pemrograman :
1.      Aturan Leksikal
Adalah aturan yang digunakan untuk membentuk suatu deklarasi, definisi, maupun statement hingga menadi suatu program yang utuh.
Aturan ini meliputi beberapa elemen antara lain :
a.    Token
Adalah elemen terkecil pada bahasa pemrograman yang memiliki arti penting bagi compiler.
Yang termasuk token antara lain : identifier, keywords, operator.
Token yang satu dengan yang lain dipisahkan dengan sapasi, tab, baris baru atau komentar. Token menggunakan symbol alphabet, angka dan karakter khusus.
b.   Komentar
Yaitu kalimat yang digunakan untuk menjelaskan kegunaan dan dokumentasi program agar lebih mudah dipahami.komentar berguna untuk member catatan mengenai bagian program tertentu sebagai referensi dan tidak mempengaruhi proses program.
c.    Identifier
Digunakan untuk menjelaskan tipe data, fungsi dan prosedur program.
d.   Keyword
Kata-kata yang telah didefinisikan oleh bahasa pemrograman yang bersangkutan dan tidak dapat diubah.
e.    Operator
Digunakan untuk menyatakan suatu perhitungan atau operasi.
2.3  Bahasa Pemrograman C++
Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories pada awal 1980an sebagai pengembangan dari bahasa C. Pada mulanya bahasa ini dikenal sebagai "C with Classes" (nama C++ digunakan sejak 1983, setelah diusulkan oleh Rick Mascitti). Pada tahun 1985 bahasa ini mulai disebarluaskan oleh AT&T dengan mengeluarkan perangkat lunak cfront yang berfungsi sebagai C++ translator (cfront menerima masukan program bahasa C++ dan menghasilkan kode bahasa C).
Perancangan bahasa C++ didasarkan pada bahasa C, Simula67, Algol68, dan Ada. Sebagai contoh, konsep \class" diambil dari bahasa Simula67, konsep operator overloading dan kemungkinan penempatan deklarasi di antara instruksi diambil dari bahasa Algol68, konsep template dan exception diambil dari bahasa Ada.
Bahasa C++ memperluas kemampuan bahasa C dalam beberapa hal yaitu:
(1) memberikan dukungan untuk menciptakan dan memanfaatkan abstraksi data,
(2) memberikan dukungan untuk object-oriented programming, dan
(3) memperbaiki beberapa kemampuan yang sudah ada pada bahasa C.
Upaya pembakuan terhadap bahasa C++ sudah dilakukan sejak beberapa tahun terakhir dan pada bulan Oktober/November 1998, ANSI telah mengeluarkan standard untuk bahasa C++. Lalu pada tahun 1983 hingga 1984 bahasa C++ dikembangkan lagi dengan menambahkan beberapa fitur yaitu virtual functions, function overloading (pembebanlebihan fungsi), referensi dengan simbol &, konstan keyword, dan satu baris komentar dengan 2 tanda forward slashes. Simbol ++ (operator jumlah) dalam penamaannya juga menjadi pertanda bahwa bahasa C++ lebih baik dari bahasa C.

2.4  Visual Basic
2.4.1Sejarah Visual Basic
Microsoft Visual Basic (sering disingkat sebagai VB) merupakan sebuah bahasa pemrograman yang bersifat event driven dan menawarkan Integrated Development Environment (IDE) visual untuk membuat program aplikasi berbasis sistem operasi Microsoft Windows dengan menggunakan model pemrograman Common Object Model (COM). Visual Basic merupakan turunan bahasa BASIC dan menawarkan pengembangan aplikasi komputer berbasis grafik dengan cepat, akses ke basis data menggunakan Data Access Objects (DAO), Remote Data Objects (RDO), atau ActiveX Data Object (ADO), serta menawarkan pembuatan kontrol ActiveX dan objek ActiveX. Beberapa bahasa skrip seperti Visual Basic for Applications (VBA) dan Visual Basic Scripting Edition (VBScript), mirip seperti halnya Visual Basic, tetapi cara kerjanya yang berbeda.
Visual Basic yang sekarang digunakan oleh jutaan programmer adalah berawal dari sebuah Bahasa pemrograman yang diciptakan oleh Prof. Jhon Kemeny dan Thomas Kurtz pada tahun 1964 dengan nama BASIC yang kepanjangan dari Beginner All Purpose Symbolic Intruction Code. Bahasa BASIC ini tergolong bahasa pemrograman yang paling mudah dipelajari. Bill Gates, pendiri Microsoft, memulai bisnis softwarenya dengan mengembangkan interpreter bahasa Basic untuk Altair 8800, untuk kemudian ia ubah agar dapat berjalan di atas IBM PC dengan sistem operasi DOS. Perkembangan berikutnya ialah diluncurkannya BASICA (basic-advanced) untuk DOS. Setelah BASICA, Microsoft meluncurkan Microsoft QuickBasic dan Microsoft Basic (dikenal juga sebagai Basic Compiler).
Visual Basic merupakan bahasa yang mendukung OOP, namun tidak sepenuhnya. Beberapa karakteristik obyek tidak dapat dilakukan pada Visual Basic, seperti Inheritance tidak dapat dilakukan pada class module. Polymorphism secara terbatas bisa dilakukan dengan mendeklarasikan class module yang memiliki Interface tertentu. 
Visual Basic (VB) tidak bersifat case sensitif. Dan pada tahun 1975, Microsoft yang dipimpin oleh Bill Gate ini, mengembangkan bahasa BASIC ini dengan mengeluarkan produk pertamanya yang bernama Microsoft Basic dimana versi yang terkenal saat itu adalah Quick Basic. Quick Basic menjadi bahasa BASIC yang paling terkenal saat itu karena sudah adanya interpreter didalamnya yang berfungsi untuk menjalankan kode-kode yang ditulis dengan Quick Basic.
a.     Perkembangan Visual Basic VB 1.0 dikenalkan pada tahun 1991, pendekatan yg dilakukan untuk menghubungkan bahasa pemrograman dengan GUI berasal dari prototype yg dikembang oleh “Alan Cooper” yg di sebut TRIPOD, Kemudian Microsoft mengontrak copper dan asosiasinya utk mengembangkan tripod agar dapat digunakan di windows 3.0 dibawah nama kode Ruby. Berikut Perjalanan Visual Basic (VB 1.0 Sampai VB 10) : 
*      Proyek “Thunder” dirintis
*      Visual Basic 1.0 (May 1991) di rilis untuk windows pada COMDEX/Windows Wordltrade yg dipertunjukan di Atlanta , Georgia
*      Visual Basic 1.0 untuk DOS dirilis pada bulan September 1992. Bahasa ini tidak kompatibel dengan Visual Basic For Windows. VB 1.0 for DOS ini pada kenyataaanya merupakan versi kelanjutan dari compiler BASIC, QuickBasic dan BASIC Professional Development System.
*      Visual Basic 2.0 dirilis pada November 1992, Cakupan pemrogramannya cukup mudah untuk digunakan dan kecepatannya juga telah di modifikasi. Khususnya pada Form yg menjadikan object dapat dibuat secara seketika, serta konsep dasar dari Class modul yg berikutnya di implementasikan pada VB 
*      Visual Basic 3.0 , dirilis pada musim panas 1993 dan dibagi menjadi versi standard dan professional. VB 3 memasukan Versi 1.1 dari Microsoft Jet Database Engine yg dapat membaca serta menulis database Jet (atau access) 1.x
*      Visual Basic 4.0 (Agustus 1995) merupakan versi pertama yg dapat membuat windows program 32 bit sebaik versi 16 bit nya. VB 4 juga memperkenalkan kemampuan untuk menulis non-GUI class pada Visual Basic
*      Visual Basic 5.0 (February 1997), Microsoft merilis secara eksklusif Visual basic untuk versi windows 32 bit . Programmer yg menulis programnya pada versi 16 bit dapat dengan mudah melakukan import porgramnya dari VB4 ke VB5. dan juga sebaliknya, program VB5 dapat diimport menjadi VB4. VB 5 memperkenalakan kemampuan untuk membuat User Control. 
*      Visual Basic 6.0 (pertengahan 1998) memperbaiki beberapa cakupan, temasuk kemapuannya untuk membuat Aplikasi Web-based . Visual Basic 6 di jadwalkan akan memasuki Microsoft “fasa non Supported” dimulai pada maret 2008
*      Visual Basic .NET, dirilis pada tahun 2002, Beberapa yang mencoba pada versi pertama .NET ini mengemukakan bahwa bahasa ini sangat powerful tapi bahasa yg digunakan sangat berbeda dengan bahasa sebelumnya, dengan kekurangan diberbagai area, termasuk runtime-nya yang 10 kali lebih besar dari paket runtime VB6 serta peningkatan penggunan memory.
*      Visual Basic .NET 2003, dirilis dengan menggunakan NET framework versi 1.1.
*      Visual Basic 2005, merupakan itegrasi selanjutnya dari Visual Basic .NET. dan Microsoft memutuskan untuk menghilangkan kata kata .NET pada judulnya. Pada Rilis ini , Microsoft memasukan beberapa fitur baru, diantaranya : Edit and Continue , mungkin inilah kekurangan fitur terbesar dari VB .NET. pada VB 2005 ini kita diperbolehkan melakukan perubahan kode pada saat program sedang dijalankan Perbaikan pada Konversi dari VB ke VB NET12 Visual Basic .NET 2003 (VB 7.1) , dirilis dengan menggunakan NET Kerangka kerja versi 1.1. Is Not Patent, merupakan salah satu fitur dari Visual Basic 2005 merupakan konversi If=Not X Is Y menjadi If X Is Not Y.
*      Visual Basic 2005 Express , merupkan bagian dari Product Visual Studio. Microsoft membuat Microsoft Visual Studio 2005 Express edition untuk pemula dan yg gemar dengan VB, salah satu produknya adalah Visual Basic 2005 Express yg merupakan produk gratis dari Microsoft.
*      Visual Basic “Orcas”, dijadwalkan akan dirilis pada tahun 2007 dan dibangung diatas .NET 3.5. Pada rilis ini , Microsoft menambahkan beberapa fitur , diantaranya : True Tenary operator , yaitu fungsi If(boolean,value, value) yg digunakan untuk menggantikan fungsi IIF, LINQ Support, Ekspresi Lambda, XML Literals, Nullable types, Type Inference.
*      Visual Basic ‘VBx’, Visual Basic 10, yang juga dkenal dengan nama VBx, akan menawarkan dukungan untuk Dynamic Language Runtime. VB 10 direncanakan akan menjadi bagian da 15. an dari SilverLight 1.1

2.4.2 Pengertian Visual Basic
Visual Basic pada dasarnya adalah bahasa pemograman komputer. Bahasa pemograman adalah perintah – perintah atau instruksi yang dimengerti oleh computer. untuk melakukan tugas-tugas tertentu. Bahasa pemograman visual basic merupakan bahasa yang mudah dipahami sehingga manusia sekarang lebih banyak memilih pemograman Visual Basic. Visual Basic selain disebut sebagai bahasa pemograman, juga sering disebut sarana (tool) untuk menghasilkan program – program aplikasi berbasis windows. Beberapa kemampuan atau menfaat dari Visual Basic diantaranya seperti:
a.Untuk membuat program aplikasi berbasis Windows. 
b.Untuk membuat objek-objek pembantu program seperti control Activex, File, Help, Aplikasi internet dan sebagainya. 
c. Menguji program dan menghasilkan program akhir berakhiran EXE yang bersifat Executable, atau dapat langsung dijalankan. 
Bagi programmer pemula yang baru ingin belajar program, lingkungan Visual Basic dapat membantu membuat program berbasis Windows dengan mudah. Sedangkan bagi programmer tingkat lanjut, dengan kemampuannya yang besar dapat digunakan untuk membuat program yang kompleks, misalnya dalam lingkungan Netwoking atau Clien Server. 
Bahasa pemograman Visual Basic cukup sederhana dan menggunakan kata-kata bahasa inggris yang umum digunakan dan tidak perlu lagi menghapal sintaks-sintaks maupun format-format bahasa yang bermacam-macam. Didalam Visual Basic semuanya sudah disediakan dalam pilihan-pilihan yang tinggal diambil sesuai kebutuhan. Selain itu, sarana pengembangannya yang bersifat visual lebih memudahkan untuk mengembangkan program aplikasi berbasis Windows ini, bersifat Mouse Driven (digerakkan dengan mouse) dan berdaya guna tinggi. Sejak dikembangkan pada tahun 80-an, Visual Basic kini telah mencapai versinya yang ke-6. Beberapa keistimewaan utama dari Visual Basic 6 diantaranya seperti :
*         Menggunakan platform pembuatan programan yang diberi nama Developer Studio, yang memiliki tampilan dan sarana yang sama dengan Visual C++ dan Visual J++. Dengan begitu Anda dapat berimigrasi atau belajar cepat bahasa pemrograman lainnya dengan mudah dan cepat tanpa harus belajar dari nol lagi.
*         Memiliki beberapa tambahan sarana wizard yang baru. Wizard adalah sarana yang mempermudah dalam pembuatan aplikasi dengan mengotomatisasi tugas-tugas tertentu.
*         Akses data lebih cepat dan andal untuk membuat aplikasi database berkemampuan tinggi.
2.5  Pascal
2.5.1 SEJARAH BAHASA PASCAL
Pascal adalah bahasa pemograman tingkat tinggi karena pascal adalah bahasa pemograman yang terstruktur. Bahasa PASCAL pertama kali dikembangkan pada awal tahun 70-an oleh Niclaus Wirth di Technical University, Zurich – Swiss. Nama PASCAL diambil dari nama seorang ahli matematika bangsa Perancis, yaitu BLEISE PASCAL yang telah berjasa menemukan alat hitung mekanis pertama didunia pada abad ke-17.
Bahasa pemrograman ini termasuk kategori “High Level Language”. Instruksi-instruksi yang digunakan dalam bahasa pemrograman ini sangat sistematis dan terstruktur. Pada awalnya bahasa pemrograman ini diperkenalkan dengan tujuan untuk menjelaskan masalah pemrograman komputer bagi mahasiswa yang belajar pemrograman komputer. Ternyata dalam waktu singkat, bahasa pemrograman ini menjadi salah satu bahasa yang sangat populer dikalangan universitas, sehingga menjadi julukan sebagai bahasa universitas.
Mulai dari awal perkembangannya hingga saat ini banyak sekali jenis bahasa pemrograman ini, masing-masing merupakan hasil pengembangannya, antara lain :
*       UCSD Pascal
*       Microsoft Pascal
*       Apple Pascal
*       Turbo Pascal
*       Dan lain sebagainya.
Diantara versi-versi yang ada, Turbo Pascal merupakan versi yang sangat populer saat ini.

2.5.2 Tampilan Turbo Pascal :
Menu Turbo Pascal
Turbo Pascal memiliki 7 buah menu utama yang terdiri dari : File, Edit, Run, Compile, Options, Debug, dan Break / Watch. Untuk memilih salah satu dari menu itu anda  bisa menekan tombol Alt + F (untuk memanggil menu file), atau menekan Alt + [huruf pertama dari menu]. Jika anda  ingin kembali ke menu utama anda bisa saja menekan tombol F10, untuk pindah dari menu satu ke menu yang lain anda juga bisa menekan panah kanan (à) atau panah kiri (ß). Contohnya ketika anda berada di menu File maka untuk pindah ke menuCompile anda cukup menggunakan tombol panah kanan (à) atau panah kiri (ß), dan anda juga bisa langsung menekan huruf C. Untuk menutup menu  anda bisa menggunakan tombol Esc.
2.5.3 Memulai PASCAL
Pada bahasa pascal kita akan bermain dengan KEYBOARD bukan MOUSE, jadi untuk sementara lupakan fasilitas GUI yang dimanjakan oleh WINDOWS. Sebab kita kembali ke tahun 80-an dimana PASCAL menjadi suatu bahasa Pemrograman pavorite dikalangan SCIENTIEST saat itu. Tombol keyboard yang paling pokok untuk mengakses program PASCAL adalah tombol : alt, esc, ctrl, F1 — F12, ENTER, serta tombol anak panah.
Untuk memulai pascal dari windows Anda dapat mengklik dua kali file TURBO.EXE, sedangkan bila melalui COMMAND PROMPT Anda dapat mengetikan perintah TURBO lalu tekan ENTER maka program PASCAL akan diload seperti gambar diatas. Tekan tombol ESC maka Program utama TURBO PASCAL akan di tampilkan, dari sini KEYBOARD menjadi senjata Anda untuk mengakses menu-menu yang ada di program utama PASCAL. Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan Keyboard pada pascal Anda dapat menekan tombol F1 yang akan memunculkan fasilitas HELP pada Pascal.
Untuk mengakses menu dari program pascal Anda gunakan tombol ALT di ikuti dengan Huruf pertama yang berwarna merah, contoh Anda akan mengakses menu File maka Anda dapat mengaksesnya dengan menekan tombol ALT dan huruf F.
2.5.4 KOMPONEN DASAR PROGRAM PASCAL
Pola susun bahasa Pascal dibentuk dengan menggunakan komponen bahasa pemrograman yang umum, yaitu :
2.5.4.1 SIMBOL – SIMBOL DASAR
Simbol dasar terdiri atas :
1.   Simbol huruf, yaitu huruf A sampai dengan Z atau a sampai dengan z. (huruf besar dan kecil).
1.   Simbol angka atau digit yaitu : 0,1,2,3,4,5,6,7,8,9.
2.   Simbol khusus, yaitu
+   -   *   /   ;   :=   ,   ‘   =   <   >   <=   >=   <>   :   {  }   ( )   [   ]
2.5.4.2 KATA PASTI ( Reserved Word )
         Reserved Word adalah suatu kata yang secara mutlak tidak boleh diartikan lain dan harus digunakan sebagaimana yang telah didefinisikan atau ditentukan kegunaanya oleh bahasa Pascal. Reserved word ini tidak boleh didefinisikan ulang oleh pemakai, sehingga tidak dapat dipergunakan sebagai pengenal (identifier)
         Reserved Word ini jumlahnya berbeda untuk masing-masing bahasa Pascal. Contoh beberapa reserved word yang telah didefinisikan oleh bahasa pascal antara lain :
AND               ELSE                          LABEL                       SET
ARRAY          END                            OF                               TYPE
BEGIN           FUNCTION               OR                              UNTIL
CASE              FOR                            PROCEDURE            VAR
CONST           GOTO                         PROGRAM                WHILE
DO                  IF                                RECORD                   WITH
DOWNTO      IN                                REPEAT                     dsb
2.5.4.3 IDENTIFIER  (penyebut/ sebutan/ pengenal)
Identifier merupakan sebuah kata yang digunakan sebagai nama atau sebutan terhadap sesuatu didalam program. Pemakai dapat mendefinisikan sendiri suatu nama sebagai identifier.
Identifier ini terdiri atas :
1.         Identifier Standar, yaitu identifier yang telah didefinisikan oleh bahasa pascal.
Contoh dari Identifier standar ini antara lain:
ABS                            LN
ARCTAN                   ODB
BOOLEAN                PRED
CHAR                         ROUND
CHR                            READ
COS                            READLN
EOF                            SQR
EOLN                         SQRT
EXP                            SUCC
Dan masih banyak lagi.
2.         Identifier Non Standar, yaitu identifier yang didefinisikan oleh pemakai bahasa pascal, misalnya:
*         nama suatu program
*         nama suatu konstanta
*         nama suatu variabel
*         nama suatu procedure
*         Identifier ini bebas, tetapi dengan ketentuan-ketentuan sebagai berikut :
*         terdiri dari gabungan huruf dan angka dengan karakter pertama harus berupa huruf. Huruf besar dan huruf kecil dianggap sama.
*         Tidak boleh mengandung blank ( titik ).
*         Tidak boleh mengandung simbol-simbol khusus, kecuali garis bawah.
*         Panjangnya bebas, tetapi hanya 63 karakter pertama yang dianggap signifikan.
Identifier
Keterangan
GajiKaryawan
Benar
No_Mhs
Benar
P3K
Benar
1X
Salah, karakter pertama harus huruf
A&B
Salah, tidak boleh mengandung simbol khusus
A B
Salah, tidak boleh mengandung blank
Co


2.5.5 ATURAN DALAM PROGRAM PASCAL
*         Akhir sebuah program Pascal ditandai dengan tanda baca titik (.) setelah END yang  paling akhir.
*         Tanda titik koma (;) merupakan pemisah antar instruksi satu dengan lainnya.
*         Beberapa statement boleh ditulis menjadi satu baris dipisahkan dengan tanda baca titk koma (;)
Contoh : simpan  :=  akhir;   akhir := simpan + awal;
*          Baris komentar diletakkan diantara tanda (* dan *) atau diantara tanda { dan }
Contoh :    Var      rerata   : real;               (*nilai rata-rata*)
Nil1     : real;               {nilai ujian}

2.5.6  PENULISAN PROGRAM PASCAL
Program pascal tidak mengenal atauran penulisan di kolom tertentu, jadi boleh ditulis mulai kolom keberapapun. Penulisan statment – statment pada contoh program pascal menjorok masuk keberapa kolom tidak mempunyai pengaruh di proses, hanya dimaksudkan supaya mempermudah pembaca program, sehingga akan lebih terlihat bagian – bagiannya.
Contoh :



begin
Writeln ( ‘ Saya Pascal ‘ );
Writeln ( ‘ ………… ‘ )
end.





Penulisan seperti diatas pun boleh, bahkan dapat juga disambung dalam satu baris, sebagai berikut,



Begin Writeln ( ‘ Saya Pascal ‘ ) ; writeln ( ‘ …………… ‘ ) end.



2.5.7 STRUKTUR PROGRAM PASCAL.
Struktur dari suatu program Pascal terdiri dari sebuah judul program dan suatu blok program atau badan program. Blok program dibagi lagi menjadi dua bagian, yaitu bagian deklarasi dan bagian pernyataan (statement). Bagian deklarasi dapat terdiri dari deklarasi label, deklarasi konstanta, deklarasi tipe, deklarasi variabel, deklarasi prosedur, dan deklarasi fungsi.
Secara ringkas struktur program pascal dapat terdiri dari
1. Judul Program
2. Blok Program
a. Bagian deklarasi
*       Deklarasi label
*       Deklarasi konstanta
*       Deklarasi tipe
*       Deklarasi variabel
*       Deklarasi prosedur
*       Deklarasi fungsi
b.      Bagian pernyataan

2.5.8 JUDUL PROGRAM
Judul program sifatnya adalah optional dan tidak signifikasi didalam program, dan bila ditulis, harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma.
Contoh :
Program contoh ;
Begin
Writeln ( ‘ Saya Pascal ‘ ) ;
Wrieln ( ‘ ……………’ ) ;
End.
Jadi judul program sifatnya sebagai dokumentasi saja, tidak signifikan terhadap proses program.

Bab III PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari pembahasan di atas dapat di simpulkan, bahwa bahasa pemograman terbagi menjadi beberapa macam, antara lain : bahasa pemrograman C++, visual basic, pascal, dan lain-lain. Elemen-elemen dalam bahasa pemrograman juga perlu diketahui agar bahasa pemrograman dapat lebih mudah dipahami.
B. Saran
Diharapkan mahasiswa mau mempelajari dan mengembangkan bahasa pemograman. Sebab bahasa pemrograman merupakan bahasa yang mudah untuk di pelajari dan sangat menarik , maka Penulis berharap kepada pembaca (khususnya pemula), untuk sejak dini mempelajari dan mengembangkan bahasa pemrograman tersebut.



0 komentar:

Poskan Komentar